Tags

Tidak banyak yang mengenal nama Arthur Irawan sebagai pesepakbola. Meski begitu, Arthur baru saja menapaki karir profesional di klub La Liga Spanyol, Espanyol.

Pekan lalu, Arthur yang masih berusia 18 tahun dikontrak oleh Espanyol. Di klub yang bermarkas di kota Barcelona itu, Arthur menjadi pemain Asia pertama setelah keberadaan pemain Jepang, Shunsuke Nakamura, pada periode 2009-2010.

Seperti dikutip dari situs resmi Espanyol, Arthur mulai bermain sepakbola di Jakarta pada usia 8 tahun. Ia sempat menarik minat klub besar Inggris, Manchester United, tetapi keluarga Arthur memilih untuk fokus pada pendidikan. Arthur kemudian mencoba peruntungan di Inggris bersama klub amatir Lytham Town.

Perekrutan Arthur oleh Espanyol mendatangkan euforia di kalangan pecinta sepakbola Indonesia. Espanyol pun bukan tidak menyadari hal tersebut. Di situs resminya, klub berjuluk Los Periquiots itu menyebut bahwa kunjungan ke bagian bahasa Inggris di situsnya untuk membaca berita perihal Arthur cuma kalah banyak dibanding ketika Nakamura digaet ke Stadion El Prat.

Pada Januari, Arthur sempat mengikuti seleksi untuk SEA Games 2011. Ketika itu, timnas yang dilatih oleh Alfred Riedl tidak cukup tertarik pada kemampuan Arthur sehingga pemuda kelahiran Surabaya itu memilih untuk fokus pada karirnya di klub.

Di Espanyol, Arthur belum dijamin akan mendapat tempat di tim utama. Perjuangannya untuk menembus tim inti akan sangat berat karena standar di Liga Spanyol yang memang tinggi. Semoga Arthur bisa memenuhi ekspektasi yang tidak ringan tersebut.

sumber : yahoo